Rabu, 08 Februari 2012

Sejarah Honda NSR500 sang legenda Motogp…..

Siapa yang tidak kenal Honda NSR500, motor yang diciptakan oleh HRC sekitar tahun 1984 merupakan pendobrak tehnologi pada masa itu. NSR500 adalah satu-satunya motor 2tak yang mendominasi sejarah Motogp sampai 2tak dihapuskan dan diganti 4tak. Dengan motor ini Honda telah memenangkan juara dunia motogp 500 sebanyak 10 kali selama debutnya sejak 1984. Berbekal performa engine yang tak tertandingi NSR 500 adalah satu-satunya motor prototype Motogp yang masuk dalam legenda olah raga adu kebut dunia dan belum ada motor prototype pabrikan lain yang bisa mematahkan torehan sejarahnya.
Revolusi NSR500 dimulai pada tahun 1984-1987, belajar dari pengalaman 3 silinder predecessor, V4 yang baru menggunakan single crankshaft sehingga lebih ringan dan kompak dibandingkan dengan dual crankshaft. Walaupun masih menggunakan sasis sederhana NSR500 versi anyar tersebut mampu memberikan juara dunia untuk kedua kalinya buat Honda pada tahun 1985. Menggunakan V-angle dengan derajat kemiringan 112 ditahun 1987 NSR500 menggunakan karburator Keihin dengan diameter 36mm. Tahun 1987 sekali lagi Honda jadi juara dunia untuk yang ketiga kalinya. Tahun 1988-1989, NSR500 didesign ulang, menggunakan sasis twin spar aluminium sehingga lebih kaku. Begitu juga dengan sektor mesin juga mengalami perombakan total. Pengembangan ini mendongkrak power NSR500 hingga 165hp (123kw) pada 12,000rpm dua kali lipatnya motor Honda generasi awal ikut motogp (Honda RC181, mesin 4tak) tahun 1966. NSR500 revolusi kedua ini kecepatan puncak mampu menggapai 310km/jam, merupakan motor paling kencang pada masa itu. Didukung dengan sasis mumpuni dan tenaga mesin liar tak tertandingi, NSR500 adalah motor tiada lawan pada tahun 1989 hingga sekali lagi juara dunia menjadi milik Honda.
Pada tahun 1990 – 1998  mesin V4 NSR500 terus mengalami peningkatan power hingga lebih dari 200hp (150kw). Lewat Mick Doohan NSR500 menjadi legenda ditahun 1990an. Pengembangan mesin dilakukan terus menerus oleh HRC. Tahun 1992 Honda menemukan ide revolusioner pada mesin V4nya yaitu pembakaran 4 silinder dengan derajat kemiringan 65-70 derajat rotasi crankshaft biasa disebut mesin “Big-bang”. Lewat balancing shaft untuk menetralisir  efek giroskopis pada single crankshaft, NSR500 1992 adalah sebuah terobosan teknologi. Doohan menggunakan sistem baru ini untuk mendominasi jalannya balapan hingga memenangkan juara dunia 5 kali kelas 500cc. Memenangkan 12 kali dari 15 race di tahun 1997, memecahkan record kemenangan terbanyak pada satu musim yang pernah ada sejak 1972. Sejarah mencatat NSR500 lewat Mick Doohan memberikan 54 total kemenangan dikelas 500cc, merupakan record yang tak terpatahkan oleh rider manapun dikelas 500cc. Sekitar tahun 1997 NSR500 kembali menggunakan mesin ” Screamer”. Hal ini atas permintaan Doohan yang lebih menyukai mesin liar walaupun dengan konsekuensi lebih susah dikendalikan. Pasca mundurnya Michael Doohan dari kancah motogp, NSR500 masih bertaji hingga tahun 1999 lewat Alex  Criville Honda jadi juara dunia lagi.
Detik-detik akhir hayat NSR500 diujung mata seiring dengan bergulirnya tuntutan dihapuskannya mesin 2tak pihak Dorna memberlakukan peraturan baru meningkatkan kapasitas mesin menjadi 990cc 4tak. Dan tahun 2001 ditangan Valentino Rossi, NSR500 menutup sepak terjang dominasinya dikancah motogp 500 selama 2 dekade. Walaupun sudah almarhum, sejarah akan selalu mencatat motor revolusioner HRC ini. NSR500 adalah motor legendaris, dan merupakan icon motor racing kebanggaan pabrikan Honda. Karena kesuksesannyalah NSR dibikin mass produk dari cc besar hingga 150cc dan terbukti sukses penjulannya diseantero dunia. Hanya sayang prestasi Honda terus meredup dikancah motor racing. Karena terbukti versi pengganti, RC211v tidak seganas dominasi NSR pada masanya. Ini adalah merupakan PR buat Honda supaya generasi muda HRC engineer bisa mengikuti jejak bapak  buyutnya yang begitu cemerlang dan brilian menciptakan motor legendaris macam NSR500. Semoga berguna…..(iw/20/4/2010)
Noted : Sumber dari Wikipedia dll.
Revolusi motor racing Honda

Sabtu, 28 Januari 2012

Motor Yamaha dg cc Diatas Rata - Rata

FJR1300
          
Sebuah sepeda motor tur canggih yang memperlakukan Anda untuk naik beludru halus yang dirancang untuk terus sepanjang hari.  Yamaha 2010 FJR1300A Jauh kekuasaan, halus yang mengirimkan Anda di jalan seperti menggelapkan batu datar sebuah danau mulus, sasis sempurna disetel yang terpasang kokoh ke sudut dan hang ke baris yang Anda pilih, rem kuat dengan canggih ABS yang membawa Anda untuk berhenti percaya diri dalam semua jenis cuaca.
Bagi pengendara yang masih lebih suka melakukan perjalanan, kenyamanan dan penanganan dalam mesin touring olahraga, FJR1300 adalah pilihan yang sempurna. Menampilkan sebuah kaca elektrik diatur, manajemen udara untuk menjaga hal-hal keren dan penanganan sporty, Anda akan segera menemukan mengapa FJR1300 adalah salah satu mesin utama dunia olahraga tur.

Spekfikasi FJR1300


Make Model
Yamaha FJR 1300A
Year
2010-11
Engine
Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder.
Capacity
1298
Bore x Stroke79 x 66.2 mm
Compression Ratio10.8:1
Induction
Electronic Fuel Injection
Ignition  /  Starting
CDI  /  electric
Max Power
145 hp 105.7 kW @ 8500 rpm
Max Torque
125 Nm @ 6000 rpm
Transmission  /  Drive
5 Speed  /  shaft
Front Suspension
48mm Soqi telescopic fork w/adjustable preload, compression and rebound damping; 137mm wheel travel
Rear Suspension
Single shock, link-type, w/adjustable preload and rebound damping; 122mm wheel travel
Front Brakes
2x 320mm discs 4 piston calipers
Rear Brakes
Single 283mm disc  2 piston caliper
Front Tyre
120/70 ZR17
Rear Tyre
180/55 ZR17
Seat Height805 mm
Dry-Weight
264 kg
Fuel Capacity
25 Litres

XJ 900

      Dengan dua katup per silinder Cams dan dual-overhead, Pengalih 900 memiliki top-end tata letak yang sama seperti Seca II 600. Kontrol katup udara-bahan bakar campuran disampaikan oleh kuartet BDSR karburator Mikuni 34 milimeter. Sebuah rasio kompresi 10:01 meremas campuran dan menghabiskan gas keluar melalui sistem pembuangan knalpot ganda.
      Styling dari 900 mirip dengan Seca II, tetapi hanya pada skala yang lebih besar. Sebuah ekonomis kuartal-fairing mengarahkan angin di sekitar pengendara dan sangat efektif. Sebuah kaca depan kecil dengan built-in bantuan angin meluruskan udara yang tidak skim tubuh pengendara, mengurangi windblast dan kenyamanan meningkat. Duduk dengan posisi sadel Corbin merasa nyaman dan memungkinkan pengendara untuk bergerak kembali di kursi selama menjalankan tugas lagi.
Produsen: YamahaModel: Diversion 900Harga: N / AMesin: berpendingin udara, DOHC, 2-katupDiameter x Langkah: 68,5 mm x 60,5 mmPemindahan: 892 ccPengabutan: (4) Mikuni 34mm BDSRTransmisi: 5-speedWheelbase: 1.505 mm 59,25 diKursi tinggi: 795 mm 31,3 diKapasitas bahan bakar: N / ABerat: 265 kg £ 583

XJ6


Yamaha XJ6 dibekali mesin 4 tak, 600cc berkonfigurasi 4 silinder in-line. Sistem bahan bakarnya sudah mengadopsi injeksi dan dilengkapi dengan pendingin air.

Tenaganya mencapai 77.5 PS di 10,000 rpm. Sedang torsinya mencapai 59.7 Nm pada 8,500 rpm. Tenaga yang cukup besar ini ditransfer ke roda belakang lewat transmisi 6 kecepatan.

Secara desain, tampilannya kental nuansa street fighter. Tapi tetap sporty dengan desain fairing setengah telanjangnya. Di Malaysia, varian ini dijual dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan biru.

Harga jualnya dilepas 39 ribu Ringgit Malaysia, atau sekitar Rp 97 jutaan. Seandainya ikut dijual di Indonesia! (motorplus-online.com)

Engine
 
 Engine type: Liquid cooled, 4 stroke, DOHC, 4 valve
Cylinder arrangement: In-line, 4-cylinder
Displacement: 600 cm3
Bore x Stroke: 65.5 mm x 44.5 mm
Compression ratio: 12.2 : 1
Maximum power: 57.0 KW (77.5 PS) @ 10,000 rpm
Maximum torque: 59.7 N*m(6.1kgf*m) @ 8,500 rpm
Lubrication system: Force-feed lubrication, wet sump
Carburetor type / Fuel supply: Fuel injection
Clutch type: Wet, multiple disc
Ignition system type: TCI (Transistor controlled ignition)
Transmission type: Constant mesh 6 speed
Final drive: Chain

CHASSIS
Frame type: Diamond
Front suspension type: Telescopic
Wheel travel (front): 130 mm
Caster angle: 26°
Trail: 103 mm
Rear suspension type: Swingarm
Wheel travel (rear): 130 mm
Front brake: Dual hydraulic disc brake
Rear brake: Hydraulic disc brake
Front tyre: 120 / 70 ZR17M/C (58W) (tubeless)
Rear tyre: 160 / 60 ZR17M/C (69W) (tubeless)

DIMENSIONS
Overall length: 2,120 mm
Overall width: 770 mm
Overall height: 1,210 mm
Seat height: 785 mm
Wheel base: 1,440 mm
Minimum ground clearance: 140 mm
Wet weight (including full oil and fuel tank): 211 kg
Fuel tank capacity: 17 L



Kamis, 26 Januari 2012

2012 Yamaha YZ450F & YZ250F

2012 Yamaha YZ450FPara YZ450F 2012 termasuk update untuk bahan bakar injeksi suspensi, dan ban.Anak-anak dengan warna biru berada di itu lagi. Yamaha membawa beberapa upgrade sederhana untuk lineup motorcross nya, pembenahan YZ450F dan YZ250F untuk 2012.
 
YZ450F sudah berdiri terpisah di lokasi motorcross dengan belakang-miring silinder, Yamaha mengklaim perbaikan kinerja dari mengimbangi berat silinder dan terpusat. Unsur-unsur desain revolusioner telah menjadi dasar untuk 450F dan tetap tidak berubah. Tetapi untuk menjaga satu langkah maju dari kompetisi YZ450F, model 2012 akan menawarkan revisi untuk bahan bakar injeksi suspensi, dan ban. Estetika model juga mendapatkan profil warna baru, yang meliputi hitam rims dan rantai drive berwarna emas.
Satu hal Yamaha telah dilakukan untuk model tahun baru ini memperbarui peta bahan bakar dan mengoptimalkan waktu pengapian. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah respon throttle halus dan menghasilkan lebih rendah untuk mid-range daya dengan peningkatan kinerja roll-on. Para YZ450F 2012 juga mencakup peredam lagi 42.0mm dengan output suara berkurang sesuai dengan peraturan baru AMA Racing yang membatasi knalpot ke 94db.
 
2012 Yamaha YZ450FYamaha mengklaim update ke 450F memberikan respon throttle halus dan lebih baik rendah untuk mid-range kekuasaan.Pergeseran pada model 2012 diberikan dorongan dengan mengubah pin lokasi untuk membuat menggeser bar lebih kaku. Hasil diklaim lebih tepat bergeser pada 450F, khususnya antara kedua dan ketiga.
 
Kedua garpu depan dan shock belakang telah tweak untuk meningkatkan penyerapan benjolan dan untuk mengurangi menyelam saat menikung. Sampai garpu depan adalah revalved untuk rendah sampai pertengahan kecepatan redaman kompresi. Sementara itu, kejutan tidak hanya memiliki karakteristik direvisi rebound, tetapi juga mendapat pengaturan katup baru untuk lebih tinggi kecepatan kompresi.
 
Dunlop Geomax MX51 ban menggantikan D742FA ada dan D756 karet, dengan Yamaha menggembar-gemborkan traksi ditingkatkan sebagai hasilnya. Para YZ450F 2012 juga dihiasi dengan hitam pelek sepeda biru bukan perak tradisional.
 
Selain pembaruan ini, kembali GYTR Tuner Daya untuk YZ450F 2012 yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bahan bakar dan pengapian peta secara manual. Perangkat ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memeras maksimal dari sepeda mereka pada orang-orang perjalanan akhir pekan ke trek. Lebih dari sembilan poin dapat disesuaikan, dan pengguna juga bisa mendapatkan info pada mesin berjalan waktu, air dan suhu asupan, posisi throttle dan rpm.
 
2012 Yamaha YZ250FYZ250F ini memiliki beberapa perubahan penting mesin dan rangka, memberikan lebih top-end dan kekuatan dalam casing.2012 Yamaha YZ250F
 
The Yamaha YZ250F memukul lantai agen pada tahun 2012 dengan sejumlah upgrade gemuk ke motocrosser gesit. Elemen desain baru yang ditemukan di seluruh, mesin suspensi frame, dan gearing - 250F memberikan perbaikan untuk tahun mendatang.
 
Yamaha pertama dimulai dengan bingkai dengan menambahkan tiga kotak tangki bagian rel bukan asli desain dua kotak untuk kekakuan meningkat. Desain bingkai juga mencakup titik pivot swingarm baru dan kurung mesin baru untuk penanganan lebih diprediksi.
 
Berlokasi dalam desain bingkai baru adalah mesin kembali bekerja. Yamaha memilih piston lebih ringan, pin piston dan cincin penjepit kawat. Yamaha mengklaim piston baru memberikan performa yang lebih baik dengan mengurangi massa keseluruhan dan gesekan, menyediakan daya yang lebih dari 8000-12,000 rpm. Yamaha insinyur juga mengambil ke account pada 250F getaran tersebut, merevisi penyeimbang poros engkol untuk mengurangi getaran terasa di touchpoints beberapa kunci termasuk kursi, setang dan footpegs. Selain itu, poros penyeimbang sekarang dioptimalkan untuk piston lebih ringan, yang selanjutnya mengurangi getaran.2012 Yamaha YZ250FPara YZ250F 2012 adalah menjaga karburator dan sekarang model 250 hanya tanpa injeksi bahan bakar.

 
Berita terbesar untuk model 2012 adalah apa yang tidak berubah, sebagai YZ tetap 250 satunya untuk menghindari injeksi bahan bakar elektronik. Yamaha melakukan tweak karburator, bagaimanapun, membosankan keluar lain 2mm, dan aliran tinggi saringan udara kandang telah dipasang di dalam 250F untuk meningkatkan kinerja top-end. Pengaturan CDI juga telah diformat ulang untuk memberikan sepeda respon throttle yang lebih baik di pertengahan hingga kisaran kecepatan tinggi, dan peredam baru dengan outlet yang lebih kecil ini dirancang untuk memenuhi peraturan AMA Pro Racing suara.
 
Sampai depan KYB Kecepatan Sistem garpu sensitif revalved dan sekarang diimbangi oleh 22mm. Tabung luar juga telah ditingkatkan untuk kekakuan 50% lebih, dan batang kemudi dibuat lagi. Tingkat musim semi pada garpu sekarang 0.46kg. Shock belakang yang 250F yang melihat rebound damping baru dan swingarm baru menambahkan kekuatan lebih ke blok poros. Yamaha calo bahwa perubahan ini menambahkan karakter redaman lebih halus dan meningkatkan penyerapan benjolan, memungkinkan untuk sesi yang lebih agresif di trek.